Sebuah Versi Doa Rosario Tujuh Dukacita Maria

 Urutan berdoa rosario tujuh dukacita Maria sbb :

Kita mulai dengan membuat tanda salib : Demi nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus. Amin
Doa Pembukaan :
Tuhan, aku mempersembahkan Rosario ini bagi kemuliaan-Mu, agar dapat menghormati Bunda Yesus, Perawan Terberkati, sehingga aku dapat berbagi dan merenungkan penderitaan Yesus melalui penderitaan dirinya. Aku dengan rendah hati memohon kepada-Mu untuk memberikan pertobatan sejati bagi semua dosa-dosa yang telah kuperbuat, dan mohon berilah aku kebijaksanaan, dan kerendahan hati.
atau :
Ya Tuhan, kupersembahkan doa rosario ini demi kemuliaan-Mu, dengan itu aku menghormati BundaMu yang kudus, Perawan Terberkati, karenanya aku mohon diperkenankan berbagi duka dan merenungkan penderitaannya. Dengan rendah hati aku mohon, berikanlah aku pengampunan atas dosa-dosaku. Berikan juga aku kebijaksanaan dan kerendahan hati, sehingga aku boleh menerima semua indulgensi yang Engkau karuniakan lewat doa rosario tujuh dukacita Maria ini.
Doa Tobat :
Allah yang maharahim, aku menyesal atas dosa-dosaku. Aku sungguh patut Engkau hukum, terutama karena aku telah tidak setia kepada Engkau yang maha pengasih dan mahabaik bagiku. Aku benci akan segala dosaku, dan berjanji dengan pertolongan rahmat-Mu hendak memperbaiki hidupku dan tidak akan berbuat dosa lagi. Allah yang maha-murah, ampunilah aku, orang berdosa ini. Amin!
3X Salam Maria
Dukacita #1
Nubuat Simeon (Luk 2:22-35)
Simeon memeluk bayi Yesus dengan tangannya dan segera menginsyafi lewat Roh Kudus yang meneranginya, bayi itu, adalah Mesias dan anak inilah yang akan menyebabkan banyak orang di Israel untuk bangkit dan jatuh. Dia kemudian mmengalihkan pandangannya, kepada Maria, lalu ia bernubuat :" sebilah pedang kedukaan akan menembus hatimu, dalam perjalan hidupmu bersama-Nya ... "
1X Bapa kami .... 7x Salam Maria .....
Bunda penuh kasih, ingatkan kami selalu pada derita2 Putera-mu, Jesus.
Dukacita #2
Menyingkir/Mengungsi ke Mesir (Mat 2:13-15)
Malaikat membangunkan Yosef, dan mengatakan kepadanya untuk segera membawa kanak2 Yesus dan ibuNya menyingkir ke Mesir, karena para prajurit Herodes sedang mencari anak itu untuk dibunuh. Mereka segera pergi menempu jarak sekitar 300 mil dengan menggunakan keledai. Maria mengusahakan membungkus tubuh Yesus dari cuaca dingin, menjaganya sedapat-dapatnya, agar tubuh anak itu tetap hangat.
1X Bapa kami .... 7x Salam Maria .....
Bunda penuh kasih, ingatkan kami selalu pada derita2 Putera-mu, Jesus.
Dukacita #3
Yesus hilang, namun ditemukan di Bait Allah (Luk 2:41-52)
Setelah mencari penuh derita selama tiga hari. Yosef dan Maria menemukan Yesus di Bait Allah ..............................
Yesus menatap mereka dan mengatakan :" Tidak tahukah Aku harus ada di rumah Bapa-Ku ...? "
1X Bapa kami .... 7x Salam Maria .....
Bunda penuh kasih, ingatkan kami selalu pada derita2 Putera-mu, Jesus.
Dukacita #4
Maria bertemu Yesus yang memikul salib (Luk 23:27-31)
Disana, Maria melihat Anak-nya yang lebam dan dipenuhi darah sekujur tubuhNya, sedang terseok-seok menyeret kayu salib yang sangat berat, karena dosa-dosa kita, manusia, dan beban berat kayu salib, di atas pundaknya. Mata keduanya bertemu, saat Yesus berusaha bangkit dari kejatuhanNya.
1X Bapa kami .... 7x Salam Maria .....
Bunda penuh kasih, ingatkan kami selalu pada derita2 Putera-mu, Jesus.
Dukacita #5
Maria di bawah kaki salib (Yoh 19:25-27)
Maria menguatkan diri, memandang bagaimana Yesus ditelanjangi, melihat dengan pedih , paku menghujam tangan dan kaki di kayu Salib, dalam keadaan terpaku itu, Yesus yang tergantung, dijebloskan kayu salibnya ke lobang yang sudah tergali, dengan sentakan keras. Bagaimana sendi tangannya mau tak mau terlepas, demikian juga otot2 tubuhnya terputs oleh sentakan itu. Putera Maria yang tak berdosa itu harus menjalani derita ini ... dan ini dilakukanNya ... untuk kita, manusia berdosa yang ditebusNya.
1X Bapa kami .... 7x Salam Maria .....
Bunda penuh kasih, ingatkan kami selalu pada derita2 Putera-mu, Jesus.
Dukacita #6
Maria menerima jenazah Yesus (Yoh 19:41-42)
Memandikan dan membersihkan jasad Anak-nya, dia dapat melihat luka-luka disekujur tubuh Yesus, bekas deraan cambuk, kulit yang terkoyak, bilur-bilur cambukan dan kulit yang terkelupas. Terlihat juga, bagaimana duri-duri panjang mahkota menembus tulang kepala, menembus hingga ke otak. Sakit yang tak terbayangkan.
1X Bapa kami .... 7x Salam Maria .....
Bunda penuh kasih, ingatkan kami selalu pada derita2 Putera-mu, Jesus.
Dukacita #7
Maria menjadi saksi pemakaman Yesus. (Yoh 19:41-42)
TubuhNya yang telah di kafani di letakkan di atas batu pada gua makam yang belum pernah digunakan. Maria pulang dengan derita luarbiasa dan hati yang terkoyak-koyak. Namun dalam hatinya, ia ... percaya ... Putera-nya akan bangkit kembali ... sesuai dengan janjiNya ... janji kepadanya dan pada para muridNya.
1X Bapa kami .... 7x Salam Maria .....
Bunda penuh kasih, ingatkan kami selalu pada derita2 Putera-mu, Jesus.
Doa Penutup
Ratu para martir, hatimu sangat menderita. Aku mohon melalui jasa dari tetesan airmata, yang kau tumpahkan dalam saat kedukaan ini, yang mendorong aku dan para pendosa diseluruh dunia, agar mendapatkan anugerah pertobatan dan ketulusan dari Putera-mu. Amin.
Maria, yang dikandung tanpa dosa dan yang menderita bagi kami, doakanlah kami. ( 3x )
Dalam nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus. Amin.

Comments

Popular posts from this blog

Rosario ... untuk mendoakan 7 Dukacita Maria

ROSARIO 7 DUKACITA MARIA DALAM BAHASA INGGRIS VERSI 01

PARA GEMBALA .... DAN KELUARGA KUDUS. DOMBA ???