YESUS DAN MARIA ...DAN YUSUF. MEREKA KELUARGA NAZARET

Mengapa Allah begitu menginginkan FirmanNya menjadi manusia? Lalu Dia mengutus malaikat Tuhan, Gabriel kepada seorang anak dara bernama Maria. Dan kemudian memerintahkan seorang malaikat kepada Yusuf agar dia tidak menceraikan Maria, yang dikiranya berzinah? Agar mereka menjadi sebuah keluarga. Keluarga Nazaret.

Itulah ALLAH yang begitu mengasihi kita. Bisakah kita mengerti? Saya merasa hanya kesombonganlah yang memunculkan kesimpulan seperti itu.

Hanya sebagian kecil saja, dari diri Allah yang bisa manusia mengerti, sekalipun itu orang yang paling suci di dunia. Bahkan hanya Yesuslah yang menganugerahkan pengertian yang benar kepada para murid terpilih, para Rasul dan beberapa pengikutnya. Seperti tercatat pada Injil Lukas sbb :

Luk 24:33 Lalu bangunlah mereka dan terus kembali ke Yerusalem. Di situ mereka mendapati kesebelas murid itu. Mereka sedang berkumpul bersama-sama dengan teman-teman mereka

Luk 24:44 -48 

Ia berkata kepada mereka: "Inilah perkataan-Ku, yang telah Kukatakan kepadamu ketika Aku masih bersama-sama dengan kamu, yakni bahwa harus digenapi semua yang ada tertulis tentang Aku dalam kitab Taurat Musa dan kitab nabi-nabi dan kitab Mazmur."
Lalu Ia membuka pikiran mereka, sehingga mereka mengerti Kitab Suci.
Kata-Nya kepada mereka: "Ada tertulis demikian: Mesias harus menderita dan bangkit dari antara orang mati pada hari yang ketiga, dan lagi: dalam nama-Nya berita tentang pertobatan dan pengampunan dosa harus disampaikan kepada segala bangsa, mulai dari Yerusalem.
Kamu adalah saksi dari semuanya ini.

Jika kita setia dan mengimani kitab suci, yakinlah kepada para Rasul dan beberapa orang yang mengerti kitab suci, karena Yesus menganugerahkanNya kepada mereka, dan tentu saja ... telah meneruskannya kepada kita. Lewat ajaran mereka,   .... lisan maupun tulisan .... . Bagi beberapa orang sangat sulit mencerna ada dimana yang lisan . Buat yang tertulis sepertinya mereka lebih mudah menerimanya. Itu tanda keterbatasan kita manusia.

Nah, dari dasar ayat-ayat di atas marilah kita mencoba merenungkan tentang kedatangan Yesus. 

Pertama, para rasul adalah para saksi Yesus. Mereka belajar bersama-sama dengan Yesus dan hidup bersama-sama denganNya, paling tidak selama tiga setengah tahun. Mengenal Yesus secara benar, dan dekat. Mereka diperkenalkan pada ibuNya, Maria. Bersama-sama dengan Yesus, Maria dan murid-murid lain selama perkawinan di Kana. Ingat ?

Karena sosok Yesus itulah, Dia yang menarik dan dikasihi , pastilah ada keingintahuan mendalam mengenai kisah hidupNya. Menurut kita dan para murid, kira-kira siapa sumber terpercaya yang dapat menginformasikan tentang Yesus ?

Marialah .... Maria ..... Bunda Maria .... sumbernya.

Mat 1:18 Kelahiran Yesus Kristus adalah seperti berikut: Pada waktu Maria, ibu-Nya, bertunangan dengan Yusuf, ternyata ia mengandung dari Roh Kudus, sebelum mereka hidup sebagai suami isteri

Jadi Maria mengandung dari Roh Kudus.

Mat 1:20 - 23 

Tetapi ketika ia mempertimbangkan maksud itu, malaikat Tuhan nampak kepadanya dalam mimpi dan berkata: "Yusuf, anak Daud, janganlah engkau takut mengambil Maria sebagai isterimu, sebab anak yang di dalam kandungannya adalah dari Roh Kudus.
Ia akan melahirkan anak laki-laki dan engkau akan menamakan Dia Yesus, karena Dialah yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka."
Hal itu terjadi supaya genaplah yang difirmankan Tuhan oleh nabi:
"Sesungguhnya, anak dara itu akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki, dan mereka akan menamakan Dia Imanuel" -- yang berarti: Allah menyertai kita.

Lagi ditekankan. Anak yang di dalam kandungannya adalah dari Roh Kudus.

Anak itu ... akan menyelamatkan umat-Nya dari ... dosa mereka.

... dinamakan Imanuel yang artinya ... Allah menyertai kita.

Dan jika diteruskan menggali dari Injil Matius, Dia dilahirkan di Betlehem (yang berarti Rumah Roti) di jaman Herodes. Menyingkir ke Mesir. Sehingga tergenapi sabda " dari Mesir Kupanggil anakKu." Setelah kembali mereka tinggal di Nazaret.

Nah, dari Injil Matius saja kita sudah dapat mengambil beberapa hal penting mengenai kelahiran Yesus, :
  1. bahwa Yesus dikandung Maria dari Roh Kudus, bukan dari benih manusia, bukan dari malaikat, walaupun yang memberi kabar adalah seorang malaikat Tuhan, Gabriel. Tidak ada ada campur tangan atau keterlibatan manusia dalam kelahiran Yesus, melainkan dari Roh Kuduslah , Ia dikandung. Yang kemudian dilahirkan oleh Maria, ibuNya.
  2. bahwa Yesus dilahirkan sesuai dengan yang dinubuatkan oleh Kitab Suci, anak dara ... akan mengandung .... artinya seorang perawan akan mengandung ... dialah Maria
  3. bahwa Anak itu akan dinamakan Imanuel, ... Allah beserta kita. Yesus adalah Allah, Yesus dikandung dari Roh Kudus, yang adalah Allah. Yesus menyertai kita. Dialah Allah yang menyertai kita.
  4. bahwa Dia di lahirkan di Betlehem, ... yang artinya rumah roti, Yesus adalah roti hidup. Menyertai kelahiranNya ada pembantaian anak-anak, sebagai mana dulu Musa di lahirkan.
  5. bahwa Dia ... akan di panggil dari Mesir, melarikan diri ke Mesir karena kejaran Herodes.
  6. bahwa Dia disebut orang Nazaret, dibesarkan di sana
  7. bahwa hidup Yesus ... merupakan penggenapan nubuat kitab suci
nanti kita teruskan ... dengan menimba dari Injil Lukas ...

Comments

Popular posts from this blog

Rosario ... untuk mendoakan 7 Dukacita Maria

ROSARIO 7 DUKACITA MARIA DALAM BAHASA INGGRIS VERSI 01

PARA GEMBALA .... DAN KELUARGA KUDUS. DOMBA ???